Pages

Thursday, October 14, 2010

Masalah Masalah ISP di Indonesia


Oke, Berawal dari tanggal 09-10-10 kemaren. ada sms dari provider smart bahwa akan dilakukan maintenance jaringan di daerah saya, dan maintenance ini dimulai per tanggal 10-10-10 (angka bagus buat mereka).

awalnya mungkin tujuan dari maintenance ini positif ya, dari expand jaringan mereka dan lainnya yang berhubungan dengan peningkatan kualitas. Tetapi ujung ujungnya mereka akan menerapkan FUP (Fair Usage Policy) ato yang lebih familier dengan sebutan Kuota Pakai Internet. Yah selama ini Provider ini dikenal dengan slogan Hebat Hemat, dan Internet Kencang tanpa batas pemakaian/penggunaan. Memang hak mereka untuk merubah rubah keputusan, tetapi saya sebagai konsumen merasa sangat dirugikan dengan keputusan ini (yah beberapa teman teman dari forum sebelah pun banyak yang merasa sama).

Kenapa Di negara kita ini momok menakutkan bagi pengguna internet selalu sama yaitu pembatasan pemakaian dan penggunaan. dan pihak provider pun selalu melakukan promo dengan kalimat Unlimited, padahal bila mereka mau jujur terhadap konsumen tinggal disebutkan saja bahwa paket mereka tuh Limited dengan batasan seperti ini, cukup banyak pelanggan baru yang tertipu dengan slogan slogan Klasik berbunyi Unlimited. Perlu diketahui sekarang penggunaan internet di negara kita ini sudah cukup banyak, bahkan segala kegiatan sekarang harus dilakukan via internet/online. seperti pendaftaran CPNS dan lain lainnya, saya pernah merasakan ketika menggunakan salah satu provider gsm yang katanya unlimited ketika harus melakukan pendaftaran online, betapa repotnya dan lambatnya, bahkan sampe beberapa kali error. lalu kebijakan pemerintah pun masih kurang mensupport perlindungan konsumen yang sebenarnya banyak dirugikan/dikadalin oleh pihak provider. bahkan Kemkominfo pun masih banyak mengurusi hal yang sebenarnya kurang perlu dilakukan.

Dan sampe kapan ISP di negara kita akan seperti ini...???

Tambahan dikit :
Saya sudah merasakan cukup banyak ISP dari era dial up, broadband, sampe mobile broadband. dan semuanya saya rasa sama saja dan selalu mengecewakan konsumen, dan pasti selalu ada kalimat murah kok mau cepat, padahal di negara tetangga kita tarif internetnya lebih murah dari negara kita. so karena itu negara kita selalu di cap terbelakang.

No comments: